cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 18584543     EISSN : 26156091     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2021): Oktober 2021" : 20 Documents clear
Presentation Content Structuredness: How does It Affect the Audience? Suwartono, Tono; Furqon, Miftahul
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i3.33862

Abstract

Masih banyak pendidik yang belum dapat memanfaatkan slide PowerPoint dengan baik. Guru biasanya membuat slide yang penuh dengan teks, kecuali yang dimaksudkan untuk menunjukkan contoh teks, yang tidak akan mengesankan penonton. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah struktur konten presentasi berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan audiens. Pengalaman profesional menunjukkan bahwa banyak orang membuat presentasi gagal dalam misi mereka karena mereka memiliki kendala dengan masalah ini. Studi ini menggunakan salah satu Desain Pra-Eksperimental dengan melibatkan empat puluh delapan mahasiswa sarjana yang bergabung dengan Forum Akademik yang diadakan oleh departemen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur presentasi memiliki dampak yang signifikan terhadap penguasaan audiens terhadap materi yang disajikan. Selain itu, presentasi mendapat tanggapan positif dari para hadirin terutama karena beberapa alasan, yaitu: materi yang relevan dan cara penyampaian yang disukai, presentasi yang sudah baik dan penyelenggaraan acara yang memuaskan, dan porsi pengalaman yang sesuai, kemungkinan besar disebabkan oleh upaya sengaja presenter untuk menyusun materi agar audiens tetap terlibat selama presentasi.
Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod Feri, Alkhadad; Zulherman, Zulherman
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i3.33127

Abstract

Pada pembelajaran dalam masa pandemi sangat beragam jenis media yang digunakan dan manajemen sekolah tidak memfasilitasi kesamaan media yang digunakan sesuai karakteristik siswa. Hal tersebut menuntut guru menjadi mandiri dalam menentukan media yang digunakan dalam mengajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis Nearpod. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 14 responden, sedangkan objek penelitian ini adalah analisis kebutuhan guru terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Nearpod. Pada penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan dalam pengumpulan informasi awal adalah studi literatur dan studi lapangan. Instrumen yang digunakan yaitu angket kebutuhan media berupa kuesioner dalam bentuk google form ke beberapa sekolah. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 100% guru pernah menggunakan media berbasis teknologi (ICT) dalam proses pembelajaran. Jenis media pembelajaran berbasis teknologi (ICT) yang sering digunakan adalah PPT (71,4%), Video Flash (42,9%), Video Youtube (7,1%), Quiziz, Zoom, Google Meet, Google Classroom (7,1%), Rumah Juara (7,1%), dan 100% guru memeroleh media pembelajaran berbasis teknologi (ICT) dari internet. Simpulan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi (ICT) dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan sebagai media yang mendukung proses pembelajaran. Implementasi dari penelitian ini yaitu hasil penelitian ini dapat dijadikan analisis kebutuhan pengembangan media yang dapat dilanjutkan pada tahap pengembangan, khususnya untuk mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis Nearpod.
Analisis Pengelolaan Pembelajaran Sains pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas X Multimedia Wijayanti, Ida Ayu Kade; Subagia, I Wayan; Maryam, Siti
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i3.38138

Abstract

Pengelolaan pembelajaran dalam jaringan (daring) pada masa pandemi Covid-19 memerlukan komitmen dan dedikasi yang tinggi dari guru agar dapat tercipta pembelajaran yang efektif dan efisien. Hal ini bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak kendala yang dihadapi dalam mengelola pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengelolaaan pembelajaran Sains pada masa pandemi Covid-19 yang difokuskan pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui studi dokumen, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Perencanaan pembelajaran berupa silabus dan RPP. Komponen silabus berpedoman pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Komponen RPP berpedoman pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019, tetapi tujuan pembelajaran belum mengacu pada kompetensi dasar; (b) Pelaksanaan pembelajaran berjalan kurang sesuai dengan RPP yang disiapkan; (c) Penilaian pembelajaran meliputi tiga aspek yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dan pengetahuan terlaksana dengan baik, tetapi penilaian keterampilan masih jarang dilakukan; dan (d) Faktor-faktor pendukung pengelolaan pembelajaran meliputi pelatihan peningkatan kompetensi guru, buku pegangan peserta didik, handphone, layanan e-learning Melajah.id., dan bantuan kuota internet dari pemerintah, sedangkan faktor-faktor penghambat meliputi kesulitan menyusun tujuan pembelajaran, rendahnya motivasi belajar peserta didik, tidak adanya interaksi langsung antara guru dengan peserta didik, dan keterbatasan kuota internet. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran Sains pada masa pandemi Covid-19 belum berjalan optimal.
Analisis Pengelolaan Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Manili, Desak Made Citra; Subagia, I.W.; Citrawathi, Desak Made
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i3.38137

Abstract

Pada masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), proses pembelajaran konvensional di satuan pendidikan digantikan dengan pembelajaran secara online. Permasalahan baru muncul dari pembelajaran IPA secara online seperti kondisi pembelajaran yang kurang kondusif, kesulitan guru menyampaikan materi pembelajaran, dan kesulitan siswa memahami materi, khususnya materi perhitungan. Untuk mengatasi masalah ini peran guru sebagai pengelola pembelajaran IPA sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengelolaaan pembelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19, yang berfokus pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui studi dokumen, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Perencanaan pembelajaran berupa silabus yang berpedoman pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 dan RPP yang berpedoman pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019; (b) Pelaksanaan pembelajaran kurang sesuai dengan RPP yang telah disiapkan; (c) Penilaian hasil belajar siswa untuk aspek pengetahuan sudah baik, tetapi penilaian sikap dan keterampilan masih jarang dilakukan; dan (d) Faktor-faktor pendukung pengelolaan pembelajaran meliputi forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), pelatihan kompetensi guru, kurikulum darurat, ketersediaan buku di perpustakaan, alat-alat laboratorium dan jaringan internet sekolah, sedangkan faktor penghambat meliputi guru kurang berpengalaman merancang pembelajaran dalam jaringan, interaksi dan motivasi belajar siswa yang rendah, serta keterbatasan jaringan dan kuota internet.
Model Pembelajaran Problem Based Learning sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Sari, Putri Iman; Kristiantari, Maria Goreti Rini; Saputra, Ketut Alit
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i3.37697

Abstract

Pembelajaran yang berlangsung di kelas IV cenderung tidak menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan media pembelajaran yang belum digunakan secara optimal. Pembelajaran yang dilakukan juga masih bersifat konvensional (teacher centered), sehingga menyebabkan hasil belajar IPS masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas VI melalui implementasi model pembelajaran Problem-Based Learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 28 siswa yang terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data hasil belajar IPS dikumpulkan dengan metode tes bentuk pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar prasiklus adalah 71 dengan ketuntasan belajar 46,42%. Hasil belajar siklus I meningkat dengan rata-rata sebesar 73 dan ketuntasan belajar 71,04%. Rata-rata hasil belajar siklus II meningkat menjadi 74 dengan ketuntasan belajar 92,08%. Dapat disimpulkan bahwa, implemensati model pembelajaran Problem-Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Implikasi pada penerapan model Problem Based Learning yaitu, siswa berperan aktif dalam pembelajaran karena dihadapkan pada permasalahan yang nyata (autentik), pembelajaran bermakna, belajar mandiri, dan pembelajaran berpusat pada siswa.
Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD Ariyani, Bekti; Kristin, Firosalia
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i3.36230

Abstract

Proses pembelajaran hanya sekadar mendengarkan, mengerjakan tugas, dan hanya terfokus pada buku saja, sehingga pembelajaran di kelas sangat pasif. Hal tersebut menyebabkan kurangnya interaksi antara guru dan siswa, atau siswa dan siswa lainnya, sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Penelitian menggunakan metode meta analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelusuri jurnal elektronik melalui google scholar dan studi dokumentasi di perpustakaan. Sumber data penelitian dari 16 jurnal dan 4 skripsi mahasiswa. Analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa dari yang terendah 8,9%  mengalami peningkatan menjadi 83,3 % diperoleh rata-rata peningkatan sebesar 30%. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem based learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam memilih penerapan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Efektifitas Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen pada Masa Pandemi Covid-19 Manullang, Juanda; Sidabutar, Hasudungan; Manullang, Agustinus
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pembelajaran pada masa pandemi di ruang virtual yang hanya mendengar dan mengerjakan tugas tanpa melibatkan siswa aktif akan berdampak pada tujuan pembelajaran yang tidak tercapai dan hasil belajar siswa yang menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas penggunaan metode diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design dengan taraf signifikansi 5%. Populasi t pada penelitian ini merupakan seluruh siswa beragama Kristen kelas XI yang berjumlah 104 siswa. Penentuan sampel untuk penelitian ini menggunakan rumus Isacc and Michael dengan taraf kesalahan 5%, sehingga jumlah sampel adalah sebanyak 83 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan inferensisal. Hasil analisis data dengan menggunakan rumus uji t diperoleh thitung sebesar 9,482. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 1,66. Hal itu berarti thitung lebih besar dari ttabel., sehingga metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar PAK pada masa pandemi Covid-19. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Media Pembelajaran Mobile Learning CAB’s (Cubes and Blocks) Berbasis Cabri 3D pada Materi Bangun Ruang Mata Pelajaran Matematika Damayanti, Dini Chintya; Nurafni, Nurafni
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i3.37686

Abstract

Permasalahan utama di dalam penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran pada proses pembelajaran matematika materi kubus dan balok, sehingga diperlukan pengembangan media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa di dalam proses pembelajaran. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan media pembelajaran mobile learning CAB’S (Cubes and Blocks) berbasis Cabri 3D pada materi bangun ruang mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitan pengembangan dengan model pengembangan 4D. Subjek penelitian ini menggunakan 24 siswa kelas V SD, sedangkan objek penelitian ini validitas media pembelajaran. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji ahli materi memeroleh skor 92,5%, uji ahli media memeroleh skor 80% dan uji coba kepada 24 anak memeroleh skor 88,6%. Berdasarkan skor yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mobile learning CAB’s (Cubes and Blocks) berbasis Cabri 3D pada materi bangun ruang ini sangat baik digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Implikasi penelitian ini adalah media yang dikembangkan dapat diinstal pada smartphone android, sehingga siswa dapat memahami materi sesuai dengan waktu yang mereka inginkan, sesuai dengan kurikulum yang ada, dengan tampilan yang menarik, dan aplikasi yang mudah digunakan.
Keefektifan Media Treasure of Science Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Tema 8 Kelas V Sekolah Dasar Ulfah, Mita Kurnia; Utaminingsih, Sri; Fathurrohman, Irfai
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i3.38790

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran, hanya saja pada proses pelaksanaannya tidak semua guru menggunakan media dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan media Treasure of Science berbasis kearifan lokal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development yang terdiri atas sepuluh langkah pelaksanaan yang meliputi mengumpulkn data, merancang, membuat produk, uji coba awal, revisi, uji coba lapangan, revisi, validasi, revisi akhir, dan diseminasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas V sekolah dasar. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Adapun instrumen yang digunakan yakni berupa tes tertulis. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan dua metode analisis. Pertama, analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis skor yang diberikan para ahli terhadap validasi media. Jawaban pada angket validasi ahli menggunakan skala Likert dengan skor 1 sampai 4. Kedua, analisis statistik inferensial (uji–t) digunakan menganalisis perbedaan skor pretest dan skor posttest yang diperoleh saat uji lapangan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor 87,5% dengan kategori  layak. Adapun hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor 90% dengan kategori layak. Selanjutnya hasil uji efektifitas pada kelas eksperimen diperoleh hasil N-gain 0,78 dengan kategori tinggi, sedangkan hasil N-gain pada kelas kontrol 0,22 kategori rendah, maka dapat disimpulkan bahwa media Treasure of Science berbasis kearifan lokal efektif digunakan dalam pembelajaran tematik.
Dampak Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Gender/Jenis Kelamin Kurniawati, Ni Made Dewi; Suardana, Nyoman; Sudiatmika, A. A. Istri Agung Rai
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 5, No 3 (2021): Oktober 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v5i3.39754

Abstract

Pembelajaran IPA masih bersifat konseptual, teoretis, dan hapalan melalui buku, masih adanya kecenderungan pembelajaran berpusat pada guru, dan siswa tidak dibiasakan menyusun simpulan pembelajaran serta mengomunikasikan hasilnya dengan benar. Hal ini bermuara pada rendahnya hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis model pembelajaran dan gender terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental (Eksperimen Semu) menggunakan desain pretest posttest nonequivalent control group dengan pendekatan kuantitatif.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP dengan jumlah siswa 400 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, yaitu menggunakan empat kelas sebagai sampel, dengan menetapkan dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan dua kelas sebagai kelompok kontrol dengan jumlah  80 orang siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes. Data dianalisis dengan menggunakan desain analisis faktorial 2×2 dengan uji Anacova Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelompok model pembelajaran dengan nilai statistic F = 130,35 dan nilai signifikan sebesar 0,00. Terdapat interaksi gender terhadap hasil belajar IPA dengan nilai statistic F= 11,714 nilai signifikan sebesar 0,001, dan terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan gender terhadap hasil belajar IPA dengan nilai statistic F = 4,883 dan nilai signifikan sebesar 0,029. Maka, model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 20